ASAL USUL DAN SEJARAH KOPI

Dunia Teknologi semakin maju dan pesat dengan di iringiy oleh perkembangan ekonomi dunia yang sanggat pesat. Serta internet yang menyajikan begitu banyak sekali informasi yang kita butuhkan. 

Seperti halnya sekarang ini yang menjadikan anda sedang membaca artikel saya untuk mencari informasi tentang kopi.

Kopi adalah minuman yang mendunia selain teh,kopi banyak sekali di kenal di seluruh dunia karna rasa dan aroma yang di berikan sanggatlah khas,bahkan saat ini banyak sekali jenis kopi yang beredar di pasaran,bahkan di indonesia kopi yang paling terkenal adalah kopi luwak.

Bahkan saat saya sedang menulis artikel ini saya sedang minum kopi.,dan kopi yang saya suka minum adalah kopi gayo aceh.....mungkin kalian sudah tidak asing lagi dengan nama-nama kopi,apaligi bagi pencinta kopi.

Apakah kalian tau awal mula kopi itu dari mana dan siapakah penemu dari kopi yang sering kalian minum itu....?Jika kalian tidak tau,maka dalam artikel ini saya akan memberikan informasi tentang siapa dan dimana pertama kali kopi ada.


Legenda dan mitos

Siapapun yang mencoba menelusuri asal-usul kopi mungkin akan menemukan dua legenda yang sangat terkenal. Yakni cerita “Si Kaldi dan kambingnya” dan cerita “Ali bin Omar al Shadhili”. Kedua legenda ini menceritakan awal manusia mengolah buah kopi.

  • Si Kaldi dan kambingnya
Cerita ini diambil dari legenda yang berkembang di Etiopia. Syahdan terdapat seorang pemilik kambing bernama Kaldi. Pada suatu hari si Kaldi mendapati kambingnya hiperaktif, melompat ke sana kemari seperti sedang menari. Setelah diselidiki ternyata kambingnya telah memakan buah beri merah dari pohon yang belum dikenali.

Dengan rasa penasaran si Kaldi mencoba buah tersebut. Setelah memakannya ia mendapati dirinya berperilaku seperti kambingnya.

Si Kaldi melaporkan kejadian ini ke seorang biarawan. Si biarawan tertarik dengan cerita si Kaldi dan ia pun mencoba buah tersebut. Efeknya si biarawan merasa seperti mendapat tenaga ekstra, ia bisa terjaga di malam hari tanpa mengantuk untuk berdo’a. Karena rasa buah ini sedikit pahit, biarawan lain mulai mengolahnya dengan memanggang dan menyeduh buah tersebut.

Sejak itu kopi dikenal menjadi minuman yang bisa memberikan kekuatan ekstra dan mengusir kantuk.

  • Ali bin Omar al Sadhili
Konon di kota Mocha, Yaman, hidup seorang tabib sekaligus sufi yang taat beribadah, namanya Ali bin Omar al Shadhili.

Omar terkenal sebagai tabib handal yang bisa menyembuhkan penyakit dengan memadukan tindakan medis dan do’a.

Namun sepak terjang Omar tidak disukai oleh penguasa lokal dan dengan berbagai intrik Omar digosipkan bersekutu dengan setan untuk menyembuhkan pasiennya.

Akhirnya masyarakat kota Mocha mengusir Omar ke luar kota.

Setelah terusir dari kota, Omar berlindung di sebuah gua yang ia temukan dalam perjalanan. Ia mulai kelaparan dan menemukan buah beri berwarna merah lalu omar memakan buah itu untuk mengusir rasa laparnya,dikarenakan rasanya pahit, ia mulai mengolah buah itu dengan cara memanggang dan merebusnya.

Namun biji kopi yang telah diolah Omar tetap tidak bisa dimakan. Ia pun hanya bisa meminum airnya. Tak disangka air yang ia minum memberikan kekuatan ekstra.

Singkat cerita, air seduhan yang dibuat Omar mulai terkenal. Banyak orang yang memintanya kepada Omar. Hingga fenomena terdengar penguasa kota. Kemudian Omar dipanggil kembali untuk tinggal di kota. Obat mujarab berupa cairan hitam tersebut disebut dengan nama Mocha.


Menurut Sejarah

Kopi adalah minuman hitam pekat yang berasal dari Ethiopia (Afrika Timur),Walaupun pada awalnya bangsa eropa mengira bahwa kopi berasal dari yaman.Asal mula kopi ini dapat di buktikan dengan botanis bahwa Coffe Arabica kopi yang terbaik di dunia berasal dari daratan tinggi Ethiopia.Walaupun tak ada yang tahu bagaimana bisa kopi tersebut sampai di Yaman,mungkin juga karna perdagangan.

Perlu kalian ketahui bahwa kopi yang kalian minum itu dulunya hanya untuk di minum oleh para sufi yang membutuhkannya,tapi lama kelamaan kopi semakin mendunia dan semakin banyak orang yang mengenalnya,karna tidak lain kopi mempunyai banyak manfaat,tapi saya sarankan untuk pencinta kopi jangan terlalu banyak minum kopi,karna anda bisa insomnia atau susah tidur bahkan saya sendiri kadang merasa pusing.

Sekitar tahun 1650, baba budan seorang peziarah muslim dari india membawa 7 biji kopi di perutnya,karna pada tahun  tersebut haram hukumnya membawa biji kopi yang belum di sangrai ataupun digiling menjadi bubuk kopi dari semenanjung arab.

Tujuannya adalah agar biji kopi tidak bisa di tanam dan di kembang biakan di luar kota tersebut.

Setelah sampinya baba budan di rumahnya di Chickmaglur dia segera menanamnya dan tumbuh subur,

William Ukers dalam Ensiklopedianya menjelaskan yang berjudul About Coffe yang di tulis pada tahun 1928,mencatat bahwa keterunan pertama di inda itu masih berkembang biak dengan subur di hutan Chickmaglur pada masa itu.Sayangnya,sekarang keturunan pohon kopi sudah tidak tumbuh lagi di hutan itu.

Pieter Van Der Broeke,di tahun 1616 nekad menyelundupkan kopi dari dari pelabuhan Mocha,Yaman ke Amsterdam.Pohon yang ditanam di kebun botani amsterdam ini yang kelak dinkirim kepada Raja Prancis (Louis XIV).

Raja Prancis ( Louis XIV ) yang terkenal akan kemewahaannya,mengimpor biji kopi dari pelabuhan Mocha di Yaman.Dari situlah pohon kopi dibawa ke pulau Jawa,kemudian menyebrangi lautan untuk di bawa ke Belanda.Lalu di bawa melalui darat ke isatana Versailles yang mewah.

Perjalanan kopi tak hanya sampai disitu saja,Kopi juga pernah menjelajah ke kepulauan Karibia,Amerika,lalu ke Martinique,Haiti,Mexico dan kemudian ke Samudra Hidia,Brasil,Kenya dan belahan dunia lainnya.

Kita banyangkan biji kopi yang sekecil itu sudah menjelajahi dunia,bahkan saya saja tidak pernah keluar dari indonesia,

Sekarang kita sudah tau asal muasal biji kopi yang kita minum,dari hal yang setiap hari kita nikmati pasti ada sejarah dimana asal pertama kita dibuat dan siapa.......oleh karna itu hargai segala nikmat yang telah di berikan oleh tuhan yang maha esa untuk kita.

Referensi ; Majalah Seri Gaya Hidup ( A Passion Of Coffe)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "ASAL USUL DAN SEJARAH KOPI"

Posting Komentar